Powered by Blogger.

Tahap 1 Pembuatan Program Pemesanan Tiket Pesawat

Hai Bangsawan Tua .... Seperti yang sudah saya katakan di Dilema Antara Tugas & Blog, jika seorang mahasiswa sudah menginjak akhir semester pasti tugas akan bermunculan secara membabi buta. Hal ini juga saya alami. Di sela – sela bermain blog saat ini, saya juga sedang membuat sebuah program pemesanan tiket pesawat yang berbasis WEB dan Destop.

Untuk membuat sebuah program tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, dibutuhkan konsentrasi dan logika yang tinggi. Dalam membuat sebuah program membutuhkan beberapa tahap, seperti yang saya bahas kali ini saya akan membahas Tahap 1 Pembuatan Program Pemesanan Tiket Pesawat.
Tahap 1 dalam pembuatan program ini adalah pembuatan databasenya. Jika anda tidak tahu database itu apa ? maka saya akan jelaskan. Database adalah sebuah wadah atau media yang berguna untuk menyimpan data – data dari program dari database. Untuk membuat sebuah database ada banyak cara dan banyak softwere yang memberikan fasilitas ini contohnya Oracle, MS Access, My SQL, SQL Server dan masih banyak lagi, tapi dalam program Pemesanan Tiket Pesawat ini saya akan menggunakan database dari My SQL.

            Langkah – Langkah Pembuatan Database Program Pemesanan Tiket Pesawat
1.      Buat nama dari Databasenya dulu. Misalnya TIKET

2.      Maka akan form pembuatan Tabel dari database TIKET. Tabel pertama yang dibuat adalah tabel pegawai.


Detail Gambar Tabel Pegawai
Field
Type
Lenght
NIP
Varchar
12
Namapegawai
Varchar
30
Alamat
Varchar
50
JK
Varchar
20
Jabatan
Varchar
20
Pass
Varchar
20

NB : saya memilih semua type menjadi Varchar supaya semua karakter bisa masuk karena bisa memudahkan pembuatan program yang sederhana

3.      Jika sudah membuat Tabel Pegawai, buat 4 lagi tabel. Yaitu Tabel Pesawat, Tabel Pemesanan, Tabel Jadwal, Tabel Anggota.

Tahap 1 pembuatan Program Pemesanan Tiket Pesawat selesai, masih ada beberapa tahap lagi untuk dikerjakan jadi tetaplah bersama BangsawanTua.com.

Untuk menambah ilmu Anda, Jangan lupa baca Juga Mengatasi Kata "Nanti" Saat Menulis

Terimakasih Sudah Datang di Blog Ini, Tunggu Saya Datang di Blog Anda ^_^

Copyright © 2013. Bangsawan Tua - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger