Powered by Blogger.

Tugas Kuliah : Pengamatan Komputer Jaringan Net Corner

1.     Gambaran Warnet
Warnet merupakan suatu tempat usaha yang memakai system jaringan computer dalam melakukan operasinya, supaya jaringan computer di warnet itu terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( internet service provider ), pada kesempatan kali ini kami akan  mencoba mengamati sistem jaringan sebuah warnet yang berada di wilayah Dinoyo bernama Net Corner.Warnet ini tepatnya berada di jalan Gajayana No 569 Kota Malang.
Berbeda dengan warnet – warnet lain dikota Malang, Net Corner ini hanya menyediakan internet saja tidak termasuk dengan game online. Saat itu kami melakukan pengamatan pada tanggal 17 Desember 2014 pada jam 19:46 WIB, kondisi warnet saat itu terlihat sepi hanya ada 3 PC yang digunakan oleh user dari 6 PC yang disediakan. 6 PC yang disediakan saling berhadapan dengan 3 PC disebelah kanan dan 3 PC lainnya didepannya. Operator dan server menjadi satu bagian terdapat di pojok depan, pada meja operator terdapat 1 monitor dan 3 CPU. Dari 3 CPU tersebut terdapat kegunaannya masing – masing, 1 CPU untuk Operator dan 2 CPU lainnya untuk Server.

2.     Hasil Pengamatan di Net Corner
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan di warnet Net Corner, kami menemukan beberapa hasil sebagai berikut :

  •      7 Buah PC
  •       ROUTER yang digunakan haruslah compatible dengan paket jaringan yang dipakai.
  •       SWITCH/ HUB digunakan untuk menghubungkan tiap computer dalam sebuah jaringan local sebaiknya digunakan SWITCH yang memiliki 16 port karena biasanya dalam sebuah jaringan computer di warnet tidak lebih dari 12 komputer.
  •      Modem ADSL yang berguna untuk menyambungkan ke internet


Selain empat hal diatas, kami juga melihat topologi yang digunakan di warnet tersebut. Topologi yang digunakan di Net Corner menggunakan Topologi Star. Topologi Star  adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star). Untuk lebih bisa mengamati jaringan yang ada di Net Corner kami juga memberikan beberapa foto sebagai bukti pengamatan kami.




3.     Kelebihan dan Kekurangan
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan, kami juga dapat menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari segi topologi, jaringan komputer dan warnetnya itu sendiri

Ø  Kelebihan
ü  Paling fleksibel dibandingkan dengan topologi yang lain
ü  Pemasangan workstation yang baru sangat mudah, dan tidak mengganggu kerja dari komputer yang lain
ü  Kontrol terpusat, sehingga memudahkan pengecekan kesalahan jaringan.
ü  Kemudahan deteksi kesalahan pada jaringan, karena adanya kontrol terpusat dan satu kabel untuk satu komputer.
Ø  Kekurangan
ü  Boros kabel, karena topologi ini satu komputer akan dihubungkan ke hub dengan satu kabel, sehingga jika banyak komputer pada jaringan maka akan menggunakan kabel yang banyak pula.
ü  Perlu penanganan khusus untuk pengelolaan jaringan.
ü  Kontrol terpusat(hub) menjadi elemen yang sangat kritis, sehingga jika hub mengalami kerusakan maka semua jaringan akan mengalami masalah.
ü  Kurangnya pancaran sinar matahari, membuat warnet sedikit lembab

Semoga artikel diatas bisa membantu masalah yang sedang anda alami, dan jangan lupa baca juga Tahap 1 Pembuatan Program Tiket Pesawat

Terimakasih Sudah Datang di Blog Ini, Tunggu Saya Datang di Blog Anda ^_^

Copyright © 2013. Bangsawan Tua - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger