Powered by Blogger.

Belajar Dasar - Dasar HTML

Hai Bangsawan Tua .... Pekerjaan membuat web sekarang ini semakin marak, banyak anak muda yang berlomba – lomba membuat web yang menarik dan dapat menghasilkan uang. Asalkan anda tahu untuk bisa menjadi perancang web kita harus mengerti dulu dasar – dasar unuk pembuatan web.
Perintah dasar web adalah perintah HTML, apakah HTML itu ? HTML adalah bahasa pemograman yang berfungsi untuk menyusun dokumen – dokumen Web untuk lebih lengkapnya baca Mengenal Lebih dekat HTML. Apa saja perintah dasar pembuatan web ? langsung saja simak penjelasan saya dibawah ini.

·        Header
Elemen Header mempunyai sintax <Hx> .... </Hx>. Lambang x dalam sintax tersebut merupakan angka yang akan menetukan besar kecilnya suatu kalimat. Ada 6 tingkatan header H1 samapai H6.

·        Paragraf
Elemen paragraf digunakan untuk mendandai suatu sekumpulan teks sebagai suatu paragraf. Mempunyai sintax <P> ... </P>.  Elemen ini memiliki 1 atribut yaitu align dan 4 argumen yaitu Right, Center, Left dan Justifiy

·        Phisical type
Phisical type adalah jenis format yang diberikan kepada teks yang tergantung pada elemen dasar, jenis ini biasa kita temui saat menggunakan MS Word. Sintaknya sebagai berikut
<B> ... </B>
<I> ... </I>
<U> ... </U>
<S> ... </S>
<BIG> ... </BIG>
<SMALL> ... </SMALL>
·        Karakter Spesial
Karakter Spesia adalah sebuah karakter yang di HTML harus menggunakan kode tertentu. Tanda (&) merupakan salah satu contohnya. Sintaxnta sebagai berikut.
&lt;      mewakili karakter <
&gt;     mewakili karakter >
&amp  mewakili karakter &

·        Font
Elemen font digunakan untuk mengatur ukuran suatu kalimat. Elemen font hanya memiliki satu atribut yaitu size. Berikut sintaxnya :
<Font size=x> .... </Font>

·        Warna
Untuk mengubuah suatu kalimat menjadii berwarna dapat menggunakan atribut color. Untuk bisa mengeahui kode – kode dari warna dapat melihatnya disini.

·        Mengganti Garis  & Garis Horizontal
Menganti garis atau istilah populernya adalah ENTER, mempunyai sintax <BR>. BR kependekan dari Break Rule. Sedangkan garis Horizontal berguna untuk membuat garis Horizontal dan mempunyai sintak <HR>.

Berikut contohnya



Maka hasilnya

Jangan lupa baca juga Cara Membuat Tabel dengan HTML

Terimakasih Sudah Datang di Blog Ini, Tunggu Saya Datang di Blog Anda ^_^

Copyright © 2013. Bangsawan Tua - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger