Powered by Blogger.

Cara Mengatasi Kelemahan pada Program Chatting Sederhana

Hai Bangsawan Tua ...... Jika kita membuat subuah program aplikasi pasti dalam program tersebut memiliki beberapa kelemahan. Meneruskan atikel saya kemarin mengenai Cara Membuat Chatting Sederhana. Dalam program chat tersebut ternyata saya menemukan beberapa kelemahan.

Kelemahan – kelemahan tersebut yaitu sebagai berikut :
1.      Komponen Memo masih bisa diubah
2.      Ukuran form masih bisa diubah
3.      Kita tidak bisa melihat chat sebelumnya
4.      Tidak ada chat pribadi
5.      Penulisan chat masih memanjang
6.      Tidak ada waktu pengiriman chat

Dari beberapa kelamahan ini, saya akan mencoba menyelesaikan kelemahan diatas. Dan membuat program chatting lebih sempurna.

Kelemahan pertama  à Untuk mengatasi kelemahan ini kita bisa mengubah properties ReadOnly pada memo menjadi True. Maksudnya memo ini hanya diperuntukan user untuk membaca saja.

Kelemahan kedua à Untuk mengatasi kelemahan ini ada 2 jalan untuk menyelesaikannya. Masih menggunakan properties yaitu Anchors dan BorderStyle. Cara pertama dengan mengubah left, right dan bottom menjadi False dan top menjadi True. Cara kedua dengan mengubah BorderStyle menjadi bsSingle.

Kelemahan ketiga à Untuk mengatasi masalah ini sama dengan mengatasi masalah pertama yaitu mengubah propreties ReadOnly menjadi true.

Kelemahan keempat à Untuk mengatasai masalah ini bisa dengan membuat form lagi yang berfungsi untuk membedakan form chat biasa dan form chat pribadi.

Kelemahan kelima à Untuk mengatasi masalah ini dapat menganti komponen menjadi memo, jika aplikasi yang kemarin menggunakan komponen edit. Sekarang diganti dengan memo.


Kelemahan keenam à Untuk mengatasi masalah ini bisa menggunkan komponen label dan memberikan koding sebagai berikut "FormatDateTime('dd/MM/yyyy hh:mm:ss', now);"

Terimakasih Sudah Datang di Blog Ini, Tunggu Saya Datang di Blog Anda ^_^

Copyright © 2013. Bangsawan Tua - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger